Minggu, Mei 4

Iron Man

Haloha.
Sabtu ini gw asik sampe tepar. Bener2 tepar sampe tadi gw baru bangun jam 12 siang (!)
Pagi : Syuting film bahasa inggris
Siang : Nonton Iron Man
Malem : Ke sweet seventeennya Mega
Yg lagi pgn gw bahas adalah yg siang hari.

Gw nonton Iron Man bareng anak2 XF (pdahal gw bukan XF). Wah, rame tnyata yg ikut, sampe dua baris kursi bioskop sebelah kiri penuh cuma buat kita doang. Nah, setelah nonton film itu gw jadi tertarik buat bikin review filmnya.

*warning : spoiler alerts*

Iron Man (2008)
Sutradara : Jon Favreau
Starring :
Robert Downey Jr. (Tony Spark)
Gwyneth Patrow (Pepper Potts)
Terence Howard (Jim Rhodes)
Jeff Bridges (Obadiah)
Genre : Psychedelic Sci-fi Superhero Movies w/ Delicate Plot Twist!
RT Ratings : 94%
My Ratings : *****

Satu kata : KKEEEWWWREEEEEENNHHH (lebay)
Keren bgt. Sepanjang film, lo bakal dibuat kagum sama spesial efeknya *itu wajiblah buat standar film superhero hollywood*, dibikin iri sama Tony Stark *mau doong jalan2 make Audi R8 trus singgah di rumah tepi laut malibu abis itu terbang keliling make kostum robot*, dan dibuat mikir tentang who's the real bad guy and what's really going on.

Yap, film ini punya spesial efek keren, plot twist yg oke (mskipun aga ketebak), dan pesan moral. Jarang bgt lo nemuin dua hal yang terakhir dlm sebuah superhero movies.
Iron Man mengambil gambaran akan dunia kita sekarang (perang di timur tengah, perang dingin dgn brlomba2 m'produksi senjata canggih). Dan dengan demikian menunjukkan kepada dunia ttg apa yang terjadi di timur tengah sana. Ia menunjukkan bagaimana satu orang bisa berubah 180 derajat ketika mengalami near-death experience dan kehilangan seorang teman. Bagaimana keserakahan bisa berakibat fatal pada dunia. Dan menyindir korporasi2 di bidang manufaktur senjata. Dan beberapa hal dalam film ini akan mengejutkan lo. Emang plotnya bagus dan ga datar. Masih berformat three act plot, standar perumusan skenario Hollywood, tapi tetep banyak hal-hal yang ga terduga.

Yang mesti gw komentari mungkin pengunaan unsur technology yg terlalu hi-tech. Agak ga masuk akal kalo satu orang bisa ngebuat robot-suit yg canggih di dalam gua, sambil ditawan, dan dengan peralatan seadanya. Trus juga kebanyakan konflik dengan simpel diselesaikan scara aga paksa dengan bantuan teknologi yg blom ada (ato blom kita kenal?), misal alat yg bisa ngelumpuhin orang dengan suara, atau ketika si Pepper Potts mainin komputernya obadiah, sistim pengoprasiannya gampang banget! (tinggal klik sana sini udah bisa translate suara bahasa asing, ngebuka secret files dll.)

Well, overall film ini worth to see. Film ini ngedongkrak standard film superhero jaman sekarang. Menjadi film superhero dengan rating paling tinggi yg pernah ada, film ini bisa ngebuat lo ngerasain action dan suspense, nikmatin special efek, dan masih sambil ngebuat lo mikir!

Notes
*kayaknya ni film sponsornya Audi deh, byk bgt Audi2 menggiurkan bermunculan spanjang film!*
*kalo lampu bioskop udah nyala, jgn kemana2 dulu sampai credit selesai! ada hidden endingnya!
*ga sempet liat hidden ending? penasaran setengah mati? klik ini
*

*spoiler ends here*

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Iron Man memang film super hero dengan kostum yang paling keren. Mungkin si Stark bisa desain suit itu karena dibantu sama Yinsen yang sama-sama ahli Fisika dan Stark memang dasarnya jenius. :P Mungkin.

Btw, yang terakhir muncul Nick Fury itu bukannya dari organisasi super hero?

nandaep mengatakan...

ooh bukan yg di jmper y? hha waduh salah informasi ^~^;

Herman Saksono mengatakan...

Karakter Tony Stark mirip Captain jack Spparow nggak sih?

Unknown mengatakan...

@nandaep: Kurang tahu juga, tapi kalau ngga salah SHIELD itu ada hubungannya sama superhero. :P