Sabtu, Mei 24

Funny Games

Halo smoaa!
Tadi siang gw hunting dvd (yep bajakan, ga usah munafik ;p) di ratu plaza bareng resty, adi, sama reyner.
Sebenernya gw udah nyiapin list dvd apa aja yg pgn dibeli, tapi kebanyakan masih belom bagus gambar atau teksnya; misalnya 21 atau Forgetting Sarah Marshall. Dan gw jg lagi nyari film2 lama kayak Memento, Children of Men, tapi udah ga ada bajakannya :( Gw jg tertarik bgt sama film lamanya Ellen Page yang judulnya Hard Candy--pgn liat akting dia di situ sebagus di Juno ato engga--tapi kaga adaa! Huh, ngehee.

Dan ujungnya gw cuma beli 4 dvd ; yakni:Untuk judul yang terakhir, gw sempet nonton sesampenya di rumah. Here's the review.



Funny Games (2008)
Director
: Michael Haneke
Starring :
Naomi Watts (Anne)
Tim Roth (George)
Michael Pitt (Paul)
Brady Corbett (Peter)
Devon Gearhart (George Jr.)
Genre : Dark and Thrilling at first, and then keeps getting Sick, Twisted, yet Brillian Movie that Makes You Sit with Your Mouth Open.
RT Ratings : 48%
My Ratings : ****
Trailer | Official Site

Film ini mendapatkan rating-R pasti dengan alasan tertentu. Dan cukup dengan hanya menonton sekali film ini, gw bisa langsung mengerti.
Merupakan remake shot-per-shot dari film aslinya tahun 1997, Funny Games bercerita tentang permainan--yang jauh dari kata 'funny'-- yang dilakukan oleh dua orang pria terhadap sebuah keluarga. Permainan ini menyangkut urusan hidup dan mati ketiga orang anggota keluarga yang sedang berlibur di rumah pinggir danau.
Dan sepanjang film, penonton ditantang (oleh sang pelaku sendiri, yang berbicara ke arah kamera) untuk bertaruh, apakah ketiga anggota keluarga ini akan hidup pada akhir film atau tidak.


A Not-So-Funny Games

Dari yang bisa gw simpulkan, film ini memegang pedoman anti-hollywood, dimana semua ekspektasi lo akan jalannya cerita seakan dilecehkan, dan Michael Heneke seakan tertawa melihat penonton yang bergidik ngeri, kesal, marah, atau jijik akan segala yang terjadi dalam semesta film ini (yak, film ini seakan memiliki semestanya sendiri). Dan itu semua menimbulkan kesan kalau film ini sangat keras dan tidak manusiawi--sebuah intisari dari horror itu sendiri.

Dan satu yang gw sadari, ternyata film ini tidak pernah menampilkan adegan sadis secara langsung. Tidak ada adegan gorok leher langsung, otak tercecer, tangan tercerai, dan adegan sadistis seperti dalam film-film horor hollywood lainnya. Dan tetap, film ini bisa membawa kengerian jauh lebih baik dari film2 sadis hollywood tersebut.
Film ini murni thiller psikologis, dimana kengerian datang dari lubuk pemikiran kita sendiri tanpa kita perlu melihatnya langsung.


Sick and Twisted

Gw peringatin, film ini benar2 gelap, dan butuh mental yang kuat buat menontonnya.
Jadi, buat lo yang merasa ga puas akan thriller-thriller yang beredar, dan tentunya butuh sesuatu yang baru dan beda namun tetap mencekam, fasten your seat belt, because Funny Games, may haunt your mind night by night even long after you finished watching it.

Image Source : Googling

Tidak ada komentar: